Pertimbangan perusahaan dalam melakukan segmentasi pasar


Pertimbangan perusahaan KLM dalam melakukan segmentasi pasar

Bab I

Pendahuluan
A. Latar belakang masalah
Segmentasi pasar ialah sebuah metode atau cara dalam melakukan pemetaan pemasaran dengan kreatif. Mengapa disini harus kreatif karena disini lah seseorang yang ingin memasarkan produk dan jasa nya harus kreatif dalam menentukan segmentasi pasar atau pembagian pasar yang akan di tuju. Disini sesorang yang akan melakukan segmentasi pasar harus berpikir luas dan mampu mengetahui setiap kondisi ini dimakasudkan agar segmentasi pasar yang sedang dilakukan berjalan dengan optimal dan mampu meningkatkan apa yang akan diluncurkan nantinya di pasar.
Sebuah perusahaan berusaha mencari laba maksimal tetapi agar dapat mencapai laba maksimal sebuah perusahaan harus melakukan segmentasi pasar yang akurat dan teliti.
Perilaku konsumen, mungkin setiap konsumen berbeda dalam pandangan dan apa yang ia butuhkan dengan kondisi social dan lingkungan yang mereka hadapi disini sesorang yang ingin melakukan segmentasi pasar harus teliti dalam menciptakan peluang untuk pasar bisnis jasa maupun barang ang akan di sebar luaskan disuatu daerah/wilayah.
Setiap segmen yang ditemui harus dilakukan pemetaan secara teoritis dan selalu melakukan evaluasi pasar jika perusahan ingin melakukan segmetasi pasar, penempatan posisi yang jelas agar mampu menarik perhatian konsumen ini lah hal yang sangat penting karena suatu produk atau jasa yang baru akan diluncurkan akan memakan waktu yang cukup lama maupun cepat bagai mana sesorang tersebut mampu mengenalkan produk terbarunya dengan cepat dan mampu menari hati para calon konsumen mereka yang sudah dilakukan pemetaan dan evaluasi yang baik dan benar
Segmentasi pasar memiliki beberapa tingkatan yaitu:
1. Pemasaran masal ialah disini produksi yang akan dilakukan dengan cara missal dan mendistribusikannya secara missal dan mempromosikan nya juga sama dengan missal.
2. Pemasaran segmen ialah memisahkan segmen-segmen yang membentuk suatu pasar
3. Pemasaran relung ialah memfokuskan diri pada subsegmen atau relung pasar
4. Pemasaran mikro ialah mempraktekan perencangan produk dan program oemasarn supaya sesuai dengan selera individu dan lokasi yang spesifik
Segmentasi konsumen juga perlu dilakukan dengan melihat sisi geografis, demografis, segmentasi psikografis, perilaku, agar segmentasi terjadi dengan efekti harus terukur, dapat dijangkau, subtasial, dapat dibedakan, dapat dilakukan tindakan tertentu.

B. Rumusan masalah
Penulis ingin mencari tahu apa yang akan dilakukan oleh sebuah perusahan dalam melakukan segmentasi pasar.
C. Tujuan penulisan
Untuk mengetahui apa yang akan dilakukan perusahan dalam melakukan segmentasi pasar.
D. Metodologi penulisan
1. Metode searcing ialah metode yang pengambilan data dan bahan dalam penulisan dilakukan dengan cara mencari dari suatu search engine pada internet.
2. Metode deskrifsi ialah penulis menjelaskan suatu masalah pada bab pembahasan yang berisikan masalah yang ingin di ketahui.
BAB II
LANDASAN TEORI
Segmentasi Pasar
Membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang terpisah (Sriyanto:Manajemen Pemasaran).
Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha. Peranan segmentasi dalam marketing :
1. Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
2. Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar.
3. Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
4. Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda. (bisnisukm.com:apa-itu-segmentasi-pasar) */http://bisnisukm.com/apa-itu-segmentasi-pasar.html/*
Penetapan Target Pasar.
Proses mengevaluasi daya tarik tiap-tiap segmen dan memilih satu atau lebih segmen yang akan dimasuki (Sriyanto:Manajemen Pemasaran).
Penempatan posisi
Mengatur produk supaya dapat menempati posisi pada benak konsumen yang jelas, khas, dan diinginkan secara relatif terhadap produk pesaing (Sriyanto:Manajemen Pemasaran).
Tingkatan Segmentasi Pasar
Pemasaran Massal, yaitu memproduksi secara massal mendistribusikan secara massal, dan mempromosikan secara massal produk yang hampir sama dengan cara yang hampir sama kepada semua konsumen (Sriyanto:Manajemen Pemasaran).
Pemasaran Segmen, Memisahkan segmen-segmen yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi tawarannya supaya sesuai dengan kebutuhan satu atau lebih segmen tersebut (Sriyanto:Manajemen Pemasaran).
Pemasaran Relung, Memfokuskan diri pada subsegmen atau relung pasar yang memiliki sejumlah cirri bawaan yang khas yang mungkin mencari kombinasi sejumlah manfaat yang khusus (Sriyanto:Manajemen Pemasaran).
Pemasaran Mikro, Praktek perancangan produk dan program pemasaran supaya sesuai benar dengan selera individu dan lokasi yang spesifik yang meliputi pemasaran lokal dan pemasaran individual (Sriyanto:Manajemen Pemasaran).
Pemasaran Lokal, Perancangan merk dan promosi supaya sesuai benar dengan kebutuhan dan keinginan kelompok-kelompok pelanggan local — kota, pemukiman, bahkan took yang spesifik (Sriyanto:Manajemen Pemasaran).
Pemasaran Individual, Perancangan produk dan program pemasaran supaya sesuai benar dengan kebutuhan dan preferrensi pelanggan secara individual. Juga dinamakan pemasaran satu per satu ( one to one marketing ), pemasaran yang disesuaikan dengan ( customized marketing )kebutuhan dan pemasaran pasar yang terdiri dari satu orang ( market of one marketing ) (Sriyanto:Manajemen Pemasaran).
PENETAPAN TARGET PASAR ( PASAR SASARAN )
Pasar Sasaran
Sepwerangkat pembeli yang memiliki kebutuhan dan karakteristik yang sama, yang diputuskan untuk dilayani oleh perusahaan.
1. Mengevaluasi Segmen PasarUkuran dan pertumbuhan segmen.Daya tarik structural segmen.Tujuan dan sumber daya perusahaan..
2. Memilih Segmen Pasar.Pemasaran tanpa diferensiasi ( Pemasaran massal ).
Strategi peliputan pasar dimana perusahaan mungkin memutuskan untuk mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada pada tiap-tiap segmen pasar, dan masuk ke pasar secara keseluruhan dengan satu tawaran.
Pemasaran yang terdiferensiasi.
Strategi peliputan pasar dimana sebuah perusahaan memutuskan untuk menetapkan beberapa segmen pasar atau relung pasar dan mendesain tawaran yang terpisah bagi masing-masing segmen.
Pemasaran terkonsentrasi.
Strategi peliputan pasar dimana sebuah perusahaan memilih untuk meraih pangsa pasar yang besar pada satu atau beberapa subpasar.
3. Memilih strategi Peliput Pasar.Sumber daya yang dimiliki perusahaan.Tahapan produk dalam daur hidup.Homogenitas Pasar.Strategi pemasaran yang dilakukan pesaing. (Sriyanto:Manajemen Pemasaran).
PENEMPATAN ( POSISIONING ) GUNA MENDAPATKAN KEUNGGULAN BERSAING.
Posisi Produk
Merupakan cara produk didefinisikan oleh konsumen berdasarkan beberapa atribut penting ( tempat yang diduduki produk dalam benak konsumen dibandingkan hubungan dengan produk-produk pesaing.
Keunggulan Bersaing
Keunggulan terhadap pesaing yang diperoleh karena menawarkan kepada konsumen nilai yang lebih besar, baik melalui harga yang lebih murah atau dengan memberikan sejumlah manfaat yang lebih banyak yang dapat dijadikan alasan untuk menetapkan harga yang lebih tinggi.
Memilih Strategi Penempatan Produk ( Posisioning )
Mengidentifikasikan keunggulan bersaing yang mungkin.
Memilih Keunggulan pasaing yang tepat.
Mengkomunikasikan dan menyampaikan Posisi yang telah dipilih.
(Sriyanto:Manajemen Pemasaran).

BAB III
PEMBAHASAN
Pada halaman sebelumnya sudah di buat pengertian dari segmentasi pasar sudah dijelaskan disini jadi jika suatu perusahan ingin melakukan segemntasi pasar untuk produk atau jasa yang akan diluncurkan atau dikenalkan oleh pasar/konsumen sebuah perusahan harus memilik ketelitian dalam melakukan segmentasi pasar yang akurat dan dapat dijangkau, selain itu factor konsumen juga jangan dilupakan karena sebuah perusahaan akan melakukan suatu segmentasi pasar yang akan melibatkan konsumen juga factor geografi demografis phisikolog,dll. Juga menentukan dalam hal melakukan segmentasi pasar. Jika sebuah perusahaan akan melakukan sebuah pemasaran missal maka perusahan harus elakukan kegiatan promosi distribusi secara missal juga. Segmentasi pasar tidak dapat dilakukan begitu saja perusahan harus teliti dalam elakukan segmentasi pasar karena ini akan menetukan peluang produk mereka sampai pada masyarakat/konsumen dan mendapatkan titik akhir yaitu keouasan konsumen yang kadang dihiraukan oleh perusahaan yang hanya melakukan kegiatan usaha dan pemasaran hanya semata untuk mencari sebuh lab yang banyak. Ketelitian lah yang menjadi factor penting dalam melakukan segmentasi pasar agar dapat memetakan seluru pasar agar dapat menentukan produk apa yang akan diluncurkan dan masyarakat sepertia apa yang akan menjadi konsumen produk mereka, jadi kegiatan segmentasi pasar ini tidak begitu mudah seperti hal yang ada di teori.

BAB IV
Kesimpulan
Jadi penulis dapat meyimpulkan sebuah segementasi pasar tidak semata-mata akan melakukan sebuah produk dan memasarkannnya tetapi disini factor seberapa besar ketelitiian perusahan dalam melakukan kegiatan segmentasi pasar karena jika tidak akurat dan mudah dijangkau hal sangat mengkhwatirkan ialah produk tidak dikenal oleh masyarakat/konsumen yang menentukan seberapa lama umur dari produk tersebut bertahan dalam hal proses produksi sisi segmentasi pasar juga sangat penting karena perusahan akan mengetahui apa yang sedang dibutuh kan oleh para konsumen dan tidak lepas untuk menciptakan kepuasan konsumen. Jadi disini perusahan KLM harus ekstra teliti dalam melakukan segmentasi pasar agar dapat menemui pasar yang tepat untuk sebuah produk yang akan mereka luncurkan semua factor harus di teliti dengan akurat dan terjangkau. Disini harapan dari melakukan segmentasi pasar agar perusahaan tahu pasar mana yang tepat untuk melakukan kegiatan pemasaran.

referesi sumber
terimakasih untuk
ahim.staff.gunadarma.ac.id
Sriyanto Manajemen Pemasaran
*/http://bisnisukm.com/apa-itu-segmentasi-pasar.html/*

, , , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

  • Blog Stats

    • 35,118 hits
  • arsip

  • this your ip address and your operting system

  • Top Rated

%d blogger menyukai ini: